Minggu, 08 September 2024

Self Love Dengan Cara Mengenali Diri Sendiri


Self love adalah salah satu cara untuk mengenali diri sendiri dengan cara mencintai diri sendiri. Hal ini terkadang acap kali terlihat sedikit egois tetapi sebenarnya tidak, sebab self love pada dasarnya bertujuan untuk membahagiakan diri sendiri agar kesehatan mental tetap terjaga.

Hidup berkualitas tentunya sangat diinginkan dan diimpikan oleh setiap orang. Oleh sebab itu dengan memahami self love, kita mampu untuk meningkatkan kualitas hidup. Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan self love:

1. Penerimaan
Penerimaan merupakan salah satu hal yang paling penting dalam self love walaupun kita tahu bahwa menerima itu tidak mudah untuk dilakukan tetapi tidak ada manusia yang sempurna. Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, hanya saja setiap orang punya cara yang berbeda dalam menerima kelemahan dan kekurangan, akan tetapi pernahkah kita berpikir bahwa kelemahan dan kekurangan itu sebenarnya adalah bagian dari sumber kekuatan dari diri kita untuk menjadi lebih baik? Nah, di situlah pentingnya mengubah pola pikir kita agar kita mampu menerima hal tersebut dan menerima diri kita apa adanya.


2. Merawat Diri
Sehat secara fisik, mental maupun emosional sangat berperan penting dalam merawat diri yang merupakan bagian dari self love misalnya dengan cara melakukan berbagai macam aktivitas seperti mengatur pola hidup sehat dengan cara memulai atau mengatur pola makan sehat, olah raga teratur, istirahat yang cukup, meluangkan waktu untuk diri sendiri dan melakukan hobi yang disenangi serta menghindari kebiasaan yang tidak sehat.

3. Berdialog dengan Diri Sendiri
Self love dengan cara berdialog atau berbicara dengan diri sendiri penting dilakukan agar kita bisa mengafirmasi diri kita secara positif dengan ucapan ataupun pernyataan yang akan kita sampaikan baik itu secara lisan maupun tertulis. Hal ini bisa saja dilakukan setiap hari sebab akan  membawa dampak positif dan sangat bermanfaat sekali bagi kita, selain itu mampu  meningkatkan rasa percaya diri, keyakinan, kekuatan, kemampuan, semangat serta hal-hal positif lainnya untuk diri sendiri maupun kehidupan kita.

4. Menetapkan Batasan
Batasan sangat penting sekali bagi kita dalam menjaga hubungan baik antar sesama agar waktu, energi serta emosi dapat tetap terjaga. Menetapkan batasan bukan berarti menjadikan seseorang itu introvert tetapi batasan adalah salah satu bagian penting dari self love agar terhindar dari lingkungan maupun orang-orang yang Toxic dan Manipulatif. Bagi sebagian orang, masih banyak yang kurang memahami akan batasan ini bahkan terkadang mereka berasumsi bahwa orang yang menetapkan batasan adalah orang yang memiliki kepribadian introvert tetapi sebenarnya tidak, batasan ini dibuat sesungguhnya adalah untuk diri kita agar tetap terjaga.

5. Melepaskan
Ketika kita bisa menerima berarti kita sudah mampu untuk melepaskan dan memaafkan diri kita dan menjadi versi terbaik dari diri kita dengan cara self love.

Self love bukan hanya tentang mementingkan diri sendiri atau egois tetapi adalah tentang membina diri dan menjaga diri dengan penuh kesabaran dan pengertian sehingga mampu menjadi lebih baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Self Love Dengan Cara Mengenali Diri Sendiri

Self love adalah salah satu cara untuk mengenali diri sendiri dengan cara mencintai diri sendiri. Hal ini terkadang acap kali terlihat sedi...